User blog: MDA MASTEL

Picture of MDA MASTEL
by MDA MASTEL - Monday, 27 April 2020, 1:46 PM
Anyone in the world

Seiring berkembangnya teknologi yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu sistem atau konsep pada belajar mengajar berbasis Teknologi Informasi (TI) tidak bisa kita hindari. Konsep yang sekarang lebih dikenal dengan E-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya. E-Learning juga semakin dikenal sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah pendidikan di negara-negara maju maupun di negara yang sedang berkembang.

Sobat Mastel, tahu nggak istilah E-Learning?

Tanpa perlu berlama-lama jadi langsung aja yuk kita berkenalan dengan E-Learning.

E-learning mengandung pengertian yang luas, banyak pakar yang menguraikan definisi E-Learning dari sudut pandang yang berbeda. Menurut Ardiansyah (2013) E-Learning adalah sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa. Tapi secara garis besar E-Learning adalah pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika.

Nah ! setelah berkenalan dengan E-learning, selanjutnya kita akan membahas mengenai manfaat serta kelebihannya. Kelebihan E-learning yaitu memberikan fleksibilitas, interaktivitas, kecepatan, visualisasi melalui berbagai kelebihan dari masing-masing media. Tak hanya mempermudah interaksi antara guru dengan pelajar tapi juga mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis. Ada 4 manfaat pembelajaran E-Learning yang perlu kamu ketahui, yaitu :

  1. Kamu dapat belajar dari mana dan kapan saja.
  2. Meningkatkan partisipasi aktif dari pelajar.
  3. Meningkatkan kualitas materi pendidik dan pelatihan.
  4. Meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi.

Sobat Mastel pasti bertanya-tanya mengapa e-learning?

Untuk menjawab rasa penasaran Sobat, simak penjelasan dibawah ini ya.

Di dalam pembelajaran, E-Learning fokus utamanya adalah pelajar. Pelajar akan lebih mandiri dan dapat bertanggung jawab pada waktu tertentu, pelajar juga mampu membuat perancangan dan mencari materi dengan usaha dan inisiatifnya. Penyajian e-learning berbasis web ini bisa menjadi lebih interaktif dan sistem E-Learning tidak memiliki batasan akses, jadi memungkinkan pembelajaran bisa dilakukan lebih banyak waktu loh.

Menurut Onno W. Pubro (2002) untuk dapat menghasilkan e-learning yang menarik dan diminati ada 3 hal yang wajib kamu penuhi dalam merancangnya, yaitu :

  1. Sederhana
  2. Personal
  3. Cepat

Sistem yang sederhana akan memudahkan pelajar dalam memanfaatkan teknologi dan menu yang ada. Dengan pendekatan dan interaksi yang lebih personal, kemajuan pelajar dapat diperhatikan serta dibantu segala persoalan yang dihadapinya. E-Learning menjadi salah satu pilihan untuk menyelesaikan masalah pendidikan karena pesatnya fasilitas teknologi informasi.